Tuesday, March 10, 2015

Mabes TNI: Allan Nairn Seorang Pembohong

  Mabes TNI: Allan Nairn Seorang Pembohong

Allan Nairn Seorang Pembohong


Politikindonesia.com - Markas Besar TNI AD membantah tulisan seorang jurnalis asal Amerika Serikat, Allan Nairn yang diposting di-blognya. TNI mengatakan tudingan itu salah alamat dan menyebut Allan  Nairn Nairn sebagai seorang pembohong. 

Dalam blognya yang berjudul Breaking News: Indonesian Army, Kopassus, Implicated in New Assassinations. Forces Chosen By Obama for Renewed US Aid Ran '09 Activist Murders, Allan Nairn menulis bahwa Kopassus telah melakukan pembunuhan berlatar belakang politik pada beberapa aktivis Partai Aceh. Serangkaian pembunuhan itu dilakukan selama pemilu 2009

Dalam rilisnya, Kepala Pusat Penerangan TNI, Marsekal Muda TNI Sagom Tamboen mengatakan tudingan tersebut tidak berdasar.

Alasannya, selama pemilu 2009, pasukan non organik TNI telah ditarik dari Aceh. Hal ini sesuai dengan salah satu butir kesepakatan dalam MoU Helsinki. Sehingga dipastikan saat Pemilu 2009 berlangsung, tidak ada lagi pasukan Kopassus yang berada di Aceh.

“Penarikan pasukan non organik dilaksanakan akhir tahun 2005 dan sejak tahun 2006 hingga sekarang tidak ada lagi pasukan non organik, termasuk Kopassus TNI AD, yang bertugas di Provinsi NAD,” ujar Sagom Tamboen, Rabu malam (24/03).

Disamping itu, selama penyelenggaraan Pemilu tahun 2009, TNI tidak pernah menerima laporan dari Polri atau Pengawas Pemilu yang menyatakan adanya prajurit Kopassus TNI AD yang melakukan pembunuhan terhadap rakyat sipil atau aktivis partai lokal di Provinsi NAD.

“Dengan kedua bukti ini, jelas bahwa tudingan Allan Nairn terhadap Kopassus TNI AD salah alamat,” terang Sagom.

Sagom pun meminta agar masyarakat tidak terpengaruh isu picisan yang memecah belah bangsa Indonesia .

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Translate

Popular Posts

Google+ Followers

Video

Loading...